Selasa, 12 April 2016

Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Dan Contoh Konkretnya [PKN]

Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Dan Contoh Konkretnya



Disusun oleh :
SMA NEGERI AJIBARANG
Tahun Pelajaran 2014/2015



KATA PENGANTAR
            Segenap puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang Maha Kuasa atas segala karunia dan petunjuk dari-Nya, sehingga kami berhasil menyelesaikan penyusunan tugas makalah PPKn tentang Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Dan Contoh Konktinya ini.
            Ucapan terima kasih yang mendalam juga kami sampaikan kepada pihak-pihak yang membantu penyusunan makalah ini, antara lain :
1.      Allah SWT yang dengan kuasa-Nya saya bisa menyelesaikan makalah ini.
2.      Ayah dan Ibu tercinta yang memberikan dukungan berupa materi maupun non-materi kepada kami.
3.      Guru pembimbing kami, yaitu Sutarno, S. Pd. yang telah membimbing saya dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini.
4.      Teman-teman dan semua pihak yang memberi dukungan kepada kami untuk menyelesaikan makalah tersebut.
Tugas makalah ini disusun untuk melengkapi salah satu tugas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 SMA Negeri Ajibarang dengan guru pembimbing Sutarno, S. Pd.
Tugas ini mencakup beberapa hal tentang Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi Dan Contoh Konktinya yang disusun dari beberapa sumber, seperti internet dan buku-buku.
            Kami menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan tugas ini agar lebih baik. Akhir kata, semoga tugas ini menambah pengetahuan dan wawasan pembelajaran dan selamat belajar.


                                                          Ajibarang, Maret 2015


                                                                    Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Pengaruh geografi merupakan suatu fenomena yang perlu diperhitungkan, karena Indonesia kaya akan aneka Sumber Daya Alam (SDA) dan suku bangsa.Indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama, dan kepercayaan yang berbeda – beda, sehingga tata kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung potensi konflik yang besar mengenai berbagai macam ragam budaya.

B.   Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian wawasan nusantara?
2.      Apa sajakah yang termasuk perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi?
3.      Apa sajakah contoh atau bukti tentang perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi?
4.      Bagaimana sikap masyarakat terhadap perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi?

C.   Tujuan Dan Manfaat Penulisan
Tujuan disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Pendidikan Kewarganegaraan dan menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah. Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan penulis dan pembaca tentang wawasan nusantara dan untuk membuat kita lebih memahami wawasan nusantara.




BAB II
WAWASAN NUSANTARA

A.    Pengertian Wawasan Nusantara
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.
Istilah wawasan berasal dari kata “wawas” yang berarti pandangan, tinjauan, atau penglihatan indrawi. Akar kata ini membentuk kata “mawas” yang berarti memandang, meninjau, atau melihat, atau cara melihat. Kata wawasan berarti pandangan, tinjauan, penglihatan atau tanggap inderawi, sedangkan istilah nusantara dipergunakan untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau indonesia yang terletak di antara samudera pasifik dan samudera Indonesia serta di antara benua Asia dan benua Australia.
Wawasan nusantara sebagai geopolitik dan landasan visional bangsa Indonesia pada hakikatnya merupakan perwujudan ideology pancasila. Wawasan nusantara mengarahkan visi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesatuan dan keserasian dalam berbagai bidang kehidupan nasional seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

B.     Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi

Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi antara lain sebagai berikut :
1.      Bahwa kekayaan wilayah nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa, dan bahwa keperluan hidup sehari-hari harus terssedia merata di seluruh wilayah tanah air
Indonesia adalah Negara yang sangat kaya raya. Potensi kekayaan alamnya sangat luar biasa baik sumber daya hayati maupun sumber daya non hayati. Apabila dilihat secara geografis, dari sabang sampai merauke terbentang tidak sedikit pulau yang ada di Indonesia. Flora, fauna, pertambangan, kesuburan tanah, lautan, maupun hutan tropisnya sangat beragam dan sangat melimpah. Selain dengan kekayaan alam, Indonesia juga memiliki kekayaan budaya, seperti bahasa, suku, penduduk, maupun kebudayaannya. Hal itu semua merupakan modal milik bangsa yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan dan kemakmuran masyarakat Indonesia.
Contoh pemanfaatan kekayaan wilayah nusantara sebagai keperluan hidup sehari-hari masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut :
1.      Undang-Undang No. 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara
a.       Pasal 1 ayat 1
“Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah badan usaha yang seluruhnya atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.”
b.      Pasal 4 ayat 1
“Modal BUMN merupakan dan berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan.”
2.      Badan usaha yang mengelola sumber daya alam pertambangan dan energi
a.       PT Pertamina
b.      PT Tambang Timah
c.       PT Perusahaan Gas Negara
d.      PT PLN
3.      Badan usaha yang mengelola perkebunan dan kesuburan tanah Indonesia
a.       PT Perkebunan Nusantara
b.      PT Rajawali Nusantara Indonesia
4.      Badan usaha yang mengelola kelautan, pelabuhan dan pelayaran
a.     PT Pelabuhan Indonesia
b.    PT Pelayaran Nasional Indonesia
5.       Pasal 33 UUD 1945 tentang Kesejahteraan Sosial
“Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.”
Perekonomian atas dasar asas demokrasi ekonomi, yaitu untuk kemakmuran bagi semua orang. Oleh sebab itu, cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak harus dikuasai Negara. Kalau tidak, alat produksi yang jatuh pada tangan orang per orang yang berkuasa dan rakyat banyak yang dirugikannya. Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya adalah dasar untuk menciptakan kemakmuran masyarakat. Oleh sebab itu, harus di kuasasi oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
6.      Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) atau badan-badan usaha lainnya yang didirikan untuk mengelola kekayaan wilayah Indonesia untuk menggerakkan laju perekonomian dan kemakmuran rakyat Indonesia.

2.      Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh daerah-daerah dalam mengembangkan ekonominya
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku, bahasa, kekayaan wilayah dan kebudayaan daerah. Tiap-tiap wilayah memiliki ciri khas wilayahnya tersendiri. Ciri khas tersebut dapat diekspresikan dalam upaya perkembangan ekonomi setiap daerah, seperti misalnya produk-produk kerajinan khas yang diperjual belikan. Setiap daerah di Indonesia diberikan kewenangan untuk mengatur dan mengelola kekayaan daerah dan mengembangkannya dalam perekonomian.
Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses saat pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumber daya yang ada dan selanjutnya membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan sektor swasta untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi (pertumbuhan ekonomi) dalam wilayah tersebut (Lincolin Arsyad, 1999). Setiap upaya pembangunan ekonomi daerah mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat daerah.
Contoh pengembangan ekonomi daerah tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh daerah-daerah antara lain :
1.      UU No. 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah
Pemerintah daerah diberikan wewenang dan tanggung jawab untuk mengatur dan mengembangkan perekonomian daerahnya masing-masing.
2.      Strategi pembangunan ekonomi daerah bidang fisik/lokalitas menurut Arsyad (1999:122-126)
Melalui pengembangan program perbaikan kondisi fisik/lokalitas daerah yang ditujukan untuk kepentingan pembangunan industri dan perdagangan, pemerintah daerah akan berpengaruh positif bagi pengembangan dunia usaha daerah. Secara khusus, tujuan strategi pembangunan fisik/lokalitas ini adalah untuk menciptakan identitas daerah, memperbaiki basis pesona (amenity base) atau kualitas hidup masyarakat dan memperbaiki daya tarik pusat kota (civil center) dalam upaya untuk memperbaiki dunia usaha daerah.
3.       UU No. 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh
Pembangunan daerah Propinsi Aceh bergantung sesuai dengan kearifan dalam pengelolaan potensi ekonomi kekayaan daerahnya. Potensi yang dimiliki oleh Aceh adalah potensi minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi dan gas alam tersebut merupakan ciri khas dari daerah Aceh yang digunakan sebagai pengembangan ekonomi daerah Aceh itu sendiri.
4.      Produk-produk kesenian Bali
Bali sebagai salah satu wilayah nusantara memiliki budaya yang sangat kental. Produk kerajinan yang diciptakan tidak terlepas dari ciri khas daerah tersebut, seperti patung-patung, lukisan maupun kerajinan lainnya. Hasil kerajinan tersebut diperjual belikan untuk mendorong perkembangan ekonomi daerah Bali, bahkan beberapa diantaranya sudah merambah dunia internasional.
5.      Pengembangan ekonomi dalam sektor pariwisata
Pariwisata dan hiburan merupakan salah satu bentuk pengembangan ekonomi suatu daerah dengan menarik wisatawan untuk berkunjung dan menambah pendapatan suatu daerah. Setiap daerah memiliki lokasi-lokasi pariwisata tententu dengan ciri khasnya masing-masing, seperti Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara.

3.      Kehidupan perekonomian diseluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan dan ditujukan bagi kemakmuran rakyat
Negara Indonesia mempunyai pandangan yang khusus tentang perekonomiannya. Hal ini termuat dalam UUD 1945, Bab XIV Pasal 33 ayat (1) yang menyebutkan bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.”
Produksi dikerjakan oleh semua, untuk semua di bawah pimpinan atau kepemilikan anggota-anggota masyarakat. Kemakmuran masyarakatlah yang di utamakan, bukan kemakmuran orang per orang. Pembangunan ekonomi harus melibatkan partisipasi rakyat, seperti dengan memberikan fasilitas kredit mikro dalam pengembangan usaha kecil. Oleh sebab itu, perekonomian di susun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.
Contoh perekonomian berdasar asas kekeluargaan bagi kemakmuran rakyat adalah koperasi.
Koperasi dari asal katanya. Koperasi berasal dari kata co yang berarti bersama dan operare yang berarti bekerja atau berkarya. Unsur dasar pengertian koperasi sudah terlihat dari kata dasarnya itu. Jadi, koperasi berarti kelompok atau perkumpulan orang atau badan yang bersatu dalam cita-cita atas dasar kekeluargaan dan gotong-royong untuk mewujudkan kemakmuran bersama.
Koperasi berbeda dengan badan atau lembaga perekonomian yang lain. Koperasi mempunyai sifat-sifat yang khas :
1)      Koperasi merupakan organisasi perekonomian.
2)      Anggota koperasi memiliki cita-cita dasar yang sama.
3)      Cita-cita ini ingin diwujudkan secara bersama-sama.
4)      Koperasi memiliki watak sosial.
Tujuan dan manfaat koperasi
1)      Memajukan kesejahteraan anggota
2)      Memajukan kesejahteraan masyarakat
3)      Membangun tatanan ekonomi nasional
Sudah banyak sekali koperasi yang didirikan di Indonesia, antara lain seperti Koperasi Unit Desa (KUD) di setiap-setiap desa, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Pasar, maupun Koperasi Sekolah. Hal ini membuktikan bahwa di Indonesia sudah menjalankan prinsip kehidupan perekonomian sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan dan ditujukan bagi kemakmuran rakyat.



C.     Sikap Masyarakat terhadap Perwujudan Kepulauan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi dalam Wawasan Nusantara

Sikap-sikap yang harus dilakukan masyarakat antara lain :
1.      Cinta tanah air
2.      Menjaga keamanan wilayah negaranya dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri.
3.      Menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan
4.      Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem guna meningkatkan kesejahteraan rakyat
5.      Membina persatuan dan kesatuan negara
6.      Menyelenggarakan kerja sama antar daerah
7.      Menjalin persahabatan antar suku bangsa
8.      Berpartisipasi tenaga maupun pikiran
9.      Rela berkorban
10.  Menaati peraturan

Untuk mewujudkan sikap-sikap masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap wawasan nusantara, dapat dilakukan berbagai cara pemasyarakatan wawasan nusantara antara lain sebagai berikut :
1.      Langsung, yang terdiri dari ceramah, dialog, dan tatap muka.
2.      Tidak langsung, melalui media elektronik dan media cetak.
3.      Metode keteladanan, melalui metode penularan keteladanan dalam sikap dan perilaku kehidupan sehari-hari kepada lingkungannya.
4.      Metode edukasi, yakni melalui metode pendekatan formal maupun informal.
5.      Metode komunikasi, dengan tujuan tercapainya hubungan komunikatif secara baik.
6.      Metode integrasi dengan tujuan terjalinnya persatuan dan kesatuan.


7.       
BAB III
PENUTUP

A.   SIMPULAN
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Indonesia kaya akan aneka Sumber Daya Alam (SDA) dan suku bangsa.Indonesia terdiri atas ratusan suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat, bahasa, agama, dan kepercayaan yang berbeda – beda, sehingga tata kehidupan nasional yang berhubungan dengan interaksi antargolongan mengandung potensi konflik yang besar mengenai berbagai macam ragam budaya.
Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi antara lain bahwa kekayaan wilayah Nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa, tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya, serta kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat.

B.   SARAN
Adapun saran yang dapat dikemukakan yaitu bagi para pembaca dapat menelaah lebih jauh lagi tentang wawasan nusantara dan perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan agar dapat mengetahui pengetahuan mendalam tentang teori tersebut dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.




DAFTAR PUSTAKA
Aini Solihat, Nur. (2014). Makalah Kewarganegaraan Peran Wawasan Nusantara. [Online]. http://laporannurainisolihat.blogspot.in/2014/08/makalah-kewarganegaraan-peran-wawasan.html?m=1
Arisanti, Ana. (2010). Pembangunan Ekonomi Daerah. [Online]. http://anaarisanti.blogspot.com/2010/06/pembangunan-ekonomi-daerah.html
Gloria, Candy. (2011). Pembangunan Ekonomi Daerah. [Online]. http://candygloria.wordpress.com/2011/04/06/pembangunan-ekonomi-daerah
Google. (2015). Penelusuran Google. [Online]
http://www.google.co.id/
Google. (2015). Penelusuran Gambar. [Online]
http://www.google.com/imghp/
Mastugino. (2012). Koperasi dalam Perekonomian Indonesia. [Online]. http://mastugino.blogspot.com/2012/11/koperasi-dalam-perekonomian-indonesia.html?m=1
R. Hadinoto, Panji. (2008). Hajat Hidup Orang Banyak. [Online]. http://jakarta45.wordpress.com/2008/11/23/hajat-hidup-orang-banyak/
UU No.19 Tahun 2003. [Online]. http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_19_03.html?m=1
Wikipedia. (2012) Otonomi Daerah di Indonesia. [Online]. http://id.wikipedia.org/wiki/otonomi-daerah-di-indonesia
Zakapedia. (2015). Pengertian, Fungsi dan Bentuk-Bentuk BUMN. [Online]. http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-bumn-fungsi-bentuk-bentuk-bumn.html?m=1



7 komentar:

  1. sundul77.com Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya
    sundul77.com Adalah Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88 sundul77 Merupakan Salah Satu Bandar Bola, Bandar Casino, Poker Online Terpercaya IDNSPORT. Kelebihan Bandar Bola Terbesar www.sundul77.com Desain Website Menarik, Live Casino Online 24 Jam Non-Stop Bersama Dealer Eropa & Dealer Asia..
    Situs Agen Bola Terbaik | Judi Casino Online | poker uang asli | Bandar Slot Terpercaya, Game Slot Mesin, Agen Sbobet, Agen Ibcbet, Agen Mansion88
    Bolagaming mempunyai tim berpengalaman dalam melayani setiap member yang bergabung di situs judi taruhan bola terbaik ini. Kami menyediakan customer service online 24 jam yang akan menemani anda dan membantu memberikan arahan kepada anda agar mudah saat melakukan pendaftaran. Anda bisa memilih jenis permainan judi taruhan online apa saja sesuai keinginan anda.
    Ayo Bergabung Bersama Situs Judi Taruan Bola Terlengkap Bolagaming
    situs agen bola terbaik,judi casino online,poker uang asli,poker uang asli,agen ibcbet

    BalasHapus
  2. I really loved reading your thoughts, obviously slot games that pay real money you know what are you talking about! Your site is so easy to use too, I’ve bookmark it in my folder -D

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing info. Keep up scr888 agent malaysia the good work...We hope you will visit our blog often as we discuss topics of interest to you

    BalasHapus
  4. There is a lot of info on this 3win8 test id blog: very helpful

    BalasHapus
  5. I have read many blogs in the net but have mega888 apk ios never come across such a well written blog. Good work keep it u

    BalasHapus
  6. Hi I really appreciate all the great content you have here. I am 918kiss ios glad I cam across it!

    BalasHapus